76 Singkatan Bahasa Gaul yang Perlu Diketahui Artinya

Foto: singkatan gaul


Kata singkatan gaul kini banyak digunakan orang terutama kawula muda, yang sebagian besar berupa kepanjangan dari bahasa Inggris, terutama di jagat dunia maya atau media sosial. Penggunaan singkatan ini katanya berguna untuk memudahkan dan agar tetap kekinian dalam bertegur sapa.
Menurut KBBI sendiri, gaul artinya adalah campur dan bergaul artinya adalah hidup berteman (bersahabat).

Tidak ada yang salah sebenarnya dari penggunaan kata singkatan bahasa gaul ini, karena tujuan berkomunikasi memang agar komunikator dan komunikan saling mengerti makna yang disampaikan. Hanya saja memang, sebagai penggiat literasi, selayaknya menggunakan bahasa Indonesia yang baku lebih kita utamakan, seperti semboyan yang sering kita dengar, “Utamakan bahasa Indonesia, kuasai bahasa asing, lestarikan bahasa daerah” . Yakinlah memakai bahasa Indonesia yang baku enggak membuat kita jadi kaku.

Namun begitu pula, mengetahui arti dari singkatan-singkatan gaul yang sering dipakai dalam dunia "per-chatting-an" ini juga penting lo, karena jangan sampai menggunakan singkatan-singkatan ini tapi ternyata kurang tepat artinya. 

Dihimpun dari beberapa sumber, berikut kata singkatan gaul yang perlu diketahui untuk menambah khazanah pengetahuan:

  1. COD: singkatan dari Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.
  2. CYA: singkatan dari See You Again, artinya sampai jumpa lagi.
  3. DM: singkatan dari Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.
  4. DIY: singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.
  5. FYI: singkatan dari For Your Information, artinya sebagai informasi atau asal kamu tahu. 
  6. IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.
  7. IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.
  8. J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda.
  9. Kepo: akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.
  10. LOL: LOL merupakan akronim dalam bahasa Inggris Laugh Out Loud, yang berarti tertawa terbahak-bahak.
  11. LMAO: singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.
  12. Nolep: Kata ini merupakan plesetan dari kata No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.
  13. NSFW: singkatan dari Not safe For Work, artinya mengandung unsur kekerasan.
  14. OOT: singkatan dari Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.
  15. OOTD: singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh dan menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.
  16. GG atau GGWP: singkatan dari Good Game atau Good Game Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.
  17. GWS: Singkatan dari kalimat bahasa Inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.
  18. IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.
  19. IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan
  20. 4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.
  21. AFK: kata singkatan gaul yang kerap digunakan anak muda masa kini. Terutama bagi para pemain mobile gaming. Arti singkatan ini adalah Away From Keyboard.
  22. ASAP: singkatan gaul bahasa Inggris yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.
  23. AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.
  24. AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.
  25. Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.
  26. BRB: singkatan dari Be Right Back. Pada umumnya kata ini digunakan untuk menginformasikan seseorang saat ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.
  27. BTW: singkatan dari By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.
  28. b/c: singkatan dari because, artinya karena.
  29. BF: singkatan dari Boy Friend, artinya pacar laki-laki.
  30. Baper: kata singkatan gaul yang kepanjangan dari Bawa Perasaan. Istilah gaul baper ini lebih merujuk pada seseorang yang segala ucapan dan tindakan orang lain dimasukkan ke hati.
  31. Bucin: Kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta. Di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cintai.
  32. Gabut: Kata ini lebih menggambarkan pada perasaan yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa. Gabut sudah sering dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Biasanya dipakai untuk update status di Instagram story dan terkadang ditampilkan bersama lagu-lagu galau.
  33. Gaje: Kata singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan saat seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.
  34. Gercep: Kata singkatan gaul dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran kepada seseorang untuk bisa bergerak lebih cepat saat melakukan sesuatu hal.
  35. CMIIW: singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.
  36. OTW: Kata ini adalah singkatan dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan
  37. OMG: singkatan dari Oh My God, artinya Ya Tuhan.
  38. PAP: PAP adalah singkatan gaul yang dari Post a Picture.
  39. Halu: Kata ini merupakan kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.
  40. Japri: Singkatan gaul ini tentu sudah sering kita dengar. Japri sendiri bisa diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.
  41. Komuk: Kata singkatan gaul ini merujuk pada Kondisi Muka.
  42. Mager: Mager adalah singkatan gaul yang juga sering kita dengar. Mager sendiri berasal dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.
  43. Mantul: Kata singkatan gaul dari kata Mantap Betul. Kata ini juga sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.
  44. Pansos: Pansos adalah kata singkatan gaul kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, Pansos digunakan kepada orang-orang yang suka mencari perhatian publik, terutama di media sosial.
  45. ROTFL: singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.
  46. SYS: singkatan dari See You Soon, artinya sampai ketemu lagi.
  47. TFL: singkatan bahasa Inggris dari Thanks For Like. Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih karena sudah diberikan sebuah ‘Like’ dalam postingan atau konten media sosialnya.
  48. TGIF: singkatan dari Thanks God it’s Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.
  49. THX/ TX / THKS: singkatan dari Thank You, artinya terima kasih.
  50. TMI: singkatan dari Too Much Information, artinya terlalu banyak informasi.
  51. VC: VC adalah singkatan dari Video Call. Kebanyakan kata ini digunakan olah para pengguna aplikasi whatsapp.
  52. WDYM: singkatan dari What Do You Mean, artinya apa maksudmu?
  53. XOXO: singkatan dari Hugs and Kisses, artinya peluk dan cium.
  54. ABCDEFG adalah singkatan kekinian dan kepanjangannya adalah Aduh Bo Cape Deh Eike Fusing Gila.
  55. Ababil adalah singkatan gaul dan kepanjangannya adalah Anak Baru Gede Labil. Ababil artinya adalah anak muda remaja yang belum punya pendirian.
  56. AOTD adalah singkatan gaul bahasa Inggris dan AOTD kepanjangan dari Answer of The Day. Istilah AOTD populer digunakan untuk sesi menjawab pertanyaan di media sosial.
  57. Bae adalah singkatan gaul bahasa Inggris dari kata Before Anyone
  58. Bejo kepanjangannya adalah Bertahan Jomblo. Bejo adalah panggilan keren untuk orang yang sukarela tidak akan berkembang biak dan memenuhi populasi Bumi. 
  59. BPJS adalah singkatan kata gaul kekinian yang kepanjangannya adalah Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita. Bisa diartikan BPJS semacam GirlSquad versi low budget.
  60. Candid adalah bahasa gaul dari dunia fotografi jaman now yang artinya adalah pose seakan-akan tidak siap atau juga tidak sadar sedang di foto tapi sebenarnya sudah direncanakan sebelumnya.
  61. Curcol adalah singkatan kekinian yang kepanjangannya adalah Curhat Colongan. Curcol merupakan contoh istilah kekinian singkatan di dalam singkatan karena kata ‘curhat’ merupakan sebuah singkatan dengan kepanjangan ‘curahan hati’.
  62. FAQ merupakan singkatan kekinian bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Frequently Asked Questions. Terjemahan bahasa Inggris FAQ ke dalam bahasa Indonesia adalah ‘pertanyaan umum’ atau ‘pertanyaan yang sering diajukan’.
  63. FFF merupakan singkatan kekinian bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah ‘Follow For Follow’. Istilah FFF umum ditemukan di Instagram saat dua akun sepakat untuk saling mengikuti.
  64. FI, Kepanjangan dari singkatan keren FI adalah First Impression. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, FI artinya adalah kesan pertama.
  65. Gapatar /Gerakan Apa-apa Ntar / Sebuah deklarasi untuk hidup mengalir, toh masih ada hari esok.
  66. IMHO /In My Humble Opinion / Mengisyaratkan tanggapan dan saran dilontarkan secara sopan dan tidak dimaksudkan untuk menggurui.
  67. IRL /In Real Life / Mengajak lawan bicara untuk membayangkan sesuatu hal di dunia nyata.
  68. Japri /Jalur Pribadi / Apa itu Japri? Pengertian dan arti dari Japri adalah aktifitas bertukar pesan pribadi satu lawan satu di aplikasi chat dan media sosial.
  69. JK /Just Kidding / Mengisyaratkan maksud dari sebuah tulisan tidak untuk dianggap serius dan bermaksud untuk mencairkan suasana.
  70. Jojoba /Jomblo Jomblo Bahagia / Istilah halus untuk orang-orang yang berkembang biak dengan cara membelah diri.
  71. Kamseupay /Kampungan Sekali Udik dan Payah / Istilah yang ditujukan kepada orang yang masih menggunakan istilah ‘Kamseupay‘.
  72. Kudet /Kurang Update / di saat yang lain sudah Marshmallow, dia masih ‘Update from blackberry’.
  73. Kuy /Yuk / Ayo / penggunaan bahasa gaul jaman now ini merupakan sebuah ajakan.
  74. Sans /Santai / Jawaban default kalau sedang tidak ada jawaban.
  75. Unfaedah NirfaedahUseless / Tidak memiliki nilai dan manfaat.
  76. YOLO /You Only Life Once / Kamu hanya hidup sekali. 
  77. silakan tambahi sendiri...
Semoga sedikit singkatan bahasa gaul ini bisa berguna ya. Seiring perkembangan zaman, penggunaan bahasa juga semakin berkembang, bahkan saat ini beberapa istilah gaul sudah masuk di Kamus Besar Bahasa Indonesia seperti kata Bokap, Nyokap, Alay, Kepo, Kece, Kicep, Agan, Songong, Doi, dan Bokek. 
Walaupun begitu kami tetap berprinsip menyarankan untuk membudayakan berbahasa Indonesia yang baik, sebab jika invasi "bahasa gaul" terus terjadi, lama kelamaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ditakutkan dapat tergerus.
Bukankah menjadi anak gaul tidak harus berarti selalu menggunakan "bahasa gaul"?

Share:

1 comment :

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis